Selasa, 03 Januari 2012

konsep model pembelajaran

Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk didalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain (Joyce, 1992). Selanjutnya joyce menyatakan bahwa setiap model pembelajaran mengarah kepada desain pembelajaran untuk membantu peserta didik sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
            Soekamto, dkk (dalam Nurulwati, 2000) mengemukakan maksud dari model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.
            Pendapat lain mengemukakan model pembelajaran adalah suatu pegangan praktis dalam pengelolaan pengajaran di dalam kelas. Model itu mencakup semua komponen pokok yang harus dipertimbangkan dan diatur oleh tenaga pengajar.
            Model pembelajaran terdiri dari model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran inkuiri, model pembelajaran pendidikan olahraga, model pembelajaran pendekatan taktis, dan model pembelajaran personal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar